Instrumen Saham

Untuk berinvestasi dalam instrumen saham, Anda haris mengetahui apa yang dimaksud dengan pasar modal. Pasar modal (capital market adalah sarana kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum atau perdagangan efek dari perusahaan yang akan go public. Selain itu, pasar modal juga merupakan saran bagi investor dan pihak ketiga yang membutuhkan dana besar unruk melakukan jual beli atau perdagangan instrumen  pasar modal, seperti obligasi dan saham. Jadi, pada hakikatnya pasar modal adalah sarana atau media bagi investor yang akan menanamkan dananya dalam berbagai instrument yang diterbitkan oleh perusahaan public. Apakah instrument tersebut berbentuk saham, surat utang atau jenis lainnya.

Perlu Anda pahami bahwa pasar modal merupakan alternative investasi yang sangat menarik karena menyediakan berbagai macam instrument investasi. Pasar modal memungkinkan instrumen saham dan investornya memiliki saham berbagai perusahaan yang bagus dan menguntungkan. Menurut istilah yang ada dimasyarakat, definisi saham pun sangat beragam. Salah satunya mengatakan bahwa saham adalah surat berharga yang merupakan instrument bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau institusi dalam suatu perusahaan. Manurut istilah umum, saham merupakan bukti penyertaan modal dalam suatu kepemilikan saham perusahaan.

Jenis-jenis instrumen saham adalah :

  1. Preferred Stcok (saham preferen)
    Saham ini mempunyai karakteristik umum yang berbeda dengan saham biasa. Pada saham preferen, dividen dibayar dalam jumlah atau nilai yang tetap. Selain itu, saham preferen dapat dikonversikan menjadi jenis saham biasa. Apabila perusahaan mengalami likuidasi, pemegang saham preferen mempunyai hak klaim lebih dahulu dibandingkan dengan jenis saham biasa. Perbedaan yang paling mencolok, saham preferen tidak diperdagangkan dibursa efek seperti halnya saham biasa.
  2. Common stock (saham biasa)

Jenis saham ini dikenal dengan istilah instrument saham biasa. Investor yang memiliki jenis saham ini akan mendapatkan keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam bentuk dividen. Pembagian dividen oleh perusahaan akan dilakukan apabila kinerja keuangan perusahaan cukup bagus dan sudah mampu membayar kewajiban keuangan lainnya.

Sebagai calon investor saham, Anda harus mengetahui keuntungan yang akan diperoleh dalam melakukan investasi pada istrumen saham, yaitu :

  1. Capital gain
    Investor yang dalam investasinya mampu memilih saham yang bagus diharapkan akan memperoleh keuntungan pendapatan dalam bentuk capital gain. Keuntungan ini diperoleh dari selisih harga jual saham yang lebih tinggi daripada harga beli saham. Jika harga sahamnya naik cukup tinggi, investor akan memperoleh keuntungan sesuai dengan porsi saham yang dimilikinya.
  2. Dividen
    Investor saham yang cerdas akan memilih sajam dari emoten yang mempunyai kinerja pendapatan bagus. Dengan begitu mereka dapat mengharapkan pembagian dividen tunai dari emiten tersebut. Berarti investor saham akan memperoleh tambahan penghasilan dari investasinya selain kemungkinan penghasilan dari capital gain. Selain kemungkinan mendapatkan dividen tunai (cash dividen), investo saham juga dimungkinkan untuk memperoleh keuntungan dari pembagian dividen saham (stock dividen).
This entry was posted in Jual-Beli Saham and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.